Selamat Datang di Blog Swara Perubahan

Selamat Datang di Blog Swara Perubahan, Swara kritis, Swara independen dan Swara Terpercaya.
Segera Informasikan segala bentuk Pristiwa apa yang anda lihat, apa yang anda rasakan dan apa yang anda alami ke Email; swaraperubahan@gmail.com.

Rabu, 02 November 2011

Pemburu Penyu Selayar Tertangkap

Selayar SP-  Berselang sebulan tertangkapnya pelaku pemburu penyu asal Bulukumba tertangkap tangan Patroli Tripika Bontoharu yang dipimpin Drs. Martajuddin, MH Camat Bontoharu dan Kapospol Bontoharu Bripka Muh. Rafik,  pelaku pemburu penyu asal jeneponto minggu (30/10), pelaku an. lk. TJ (31 thn) dan RD (20 thn) keduanya asal Desa Palantikang Kec. Amangkeke Kab. Jeneponto, mereka kakak beradik tertangkap tangan sementara beroperasi diperairan  sebelah barat Pulau Gusung wilayah hukum Polsek Bontoharu Kec. Bontoharu Kab. Kepulauan Selayar dengan barang bukti 1 ekor penyu yang masih hidup, 1 pis jaring penyu 12 inci dan 1 unit perahu.
Berselang beberapa jam kemudian senin (31/10) Hari   pemburu penyu asal kabupaten  takalar kembali tertangkap diperairan jeneiyya sebelah barat Desa Kahu-kahu Pulau Gusung Kec. Bontoharu dengan barang bukti berupa penyu 3 ekor penyu serta jarring 18 pics dan 1 unit kapal motor. Pelaku yang terdiri dari 4 orang  an. Lel. Dmu (40 thn), dse (37 thn), dsa (30 thn) dan jpr (23 thn) tertangkap tangan patroli tripika Bontoharu, yang kemudian ke empat pelaku langsung diserahkan ke pihak polsek Bontoharu untuk dilakukan penyidikan karena mereka diduga melanggar undang-undang konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya, namun karena melihat meningkatnya intensitas kegiatan perburuan penyu beberapa hari terakhir ini sehingga penyidikannya diambil alih Pihak Penyidik Polres Selayar untuk mengungkap kelompok pemburu penyu yang ada dan sementara beroperasi  di perairan kepulauan selayar.
Kegiatan perburuan sepsis satu ini diperairan Kab. Kepulauan Selayar meningkat derastis dan pada umumnya pelaku berasal dari luar Kab. Kepulauan Selayar sehingga diharapkan penanganan serius dari pihak pemerintah dan aparat penegak hukum Kab. Kepulauan Selayar jangan Cuma Tripika Bontoharu, kalau perlu segenap stakeholder yang ada didaerah ini kata Daeng Sigauk salah satu aktifis kelautan selayar dan pemberdayaan masyarakat pesisir dan pulau-pulau terpencil Kepulauan Selayar, karena kalau ini tidak serius pemburu-pemburu lainnya akan menyerbu selayar dan spesies-spesies penyu yang ada diselayar yang ada saat ini lambat laun  akan punah. (Rd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SWARA PERUBAHAN DALAM VIDEO

Berita Nasional